Selasa, 03 Desember 2013

KEGIATAN SOSIAL MEMBANTU KORBAN BANJIR


 

KATA PENGANTAR



Segala puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat taufik dan hidayah-Nya saya menyusun makalah  tentang kegiatan sosial membantu korban banjir. Puji syukur penulis  panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat  Rahmat  dan Hidayah-Nya  penulis  dapat  menyelesaikan makalah  tentang kegiatan sosial membantu korban banjir. Penulis menyadari bahwa terselesainya makalah ini tak lepas dari peran  serta  berbagai pihak yang telah  membantu baik berupa  materil  maupun spiritual , petunjuk dan saran,  dukungan dan dorongan yang diberikan kepada  penulis,  sehingga  makalah  ini selesai.  Untuk itu, pada  kesempatan ini penulis  menyampaikan rasa  hormat dan  terima  kasih sebesar-besarnya. Penulis  menyadari bahwa  makalah  ini masih  jauh  dari  sempurna, untuk  itu  penulis  dengan senang  hati  menerima kritik  dan  sarannya yang membangun. Akhir kata  penulis  berharap, semoga  makalah  ini dapat bermanfaat bagi kita semua.  Amin.

Profil Pembuat :
Nama              : Heru Pebriyanto
NPM               : 1A113162
Kelas               : 4KA40
NO HP            : 08561681155












1

DAFTAR ISI


Kata Pengantar ……………………………………………………………………………….....1
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………...2

1. Pendahuluan ………………………………………………………………………………….3
1.1   Latar Belakang….....………………………………………….……….……….……....3
1.2   Tujuan………………………........…………………………………………………......3
2. Pembahasan…………………………………………………………………………………....4

       2.1  Pengertian Bhakti Sosial..…………………………………………………………….....4
       2.2  Usaha Kesejahteraan Sosial………………………..…………………………………....4
       2.3  Masalah Yang Di Hadapi Korban Banjir………..………………………………….…...5
       2.4  Macam – Macam Bantuan Yang Di butuhkan…………………… ………………….....5
       2.5  Cara Penyaluran Bantuan………………..………………………....……………….…...5
       2.6  Hikmah dari Bencana Banjir………………………………………………………….....5

3.Kisah Menjadi Relawan Banjir……………………….………………............………………...6

4. Foto Banjir.............................................................................………………………………….7

       4.1  Tampilan Foto Banjir di Pondok Gede Permai.................................................................7
       4.2  Tampilan Foto Tanggul Jebol Pasca Banjir......................................................................7
  

5. Penutup………………………………………………………………………..……………….8

       5.1  Kesimpulan................……………………………………………….......……………....8
       5.2  Saran.................................................................................................................................8
       5.3 Kuisioner............................................................................................................................9 
      








2

1. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
            Banjir bisa terjadi kapan saja pada saat musim penghujan tiba. Faktor penyebab banjir bisa dikarenakan kelalaian manusia dengan membuang sampah ke sungai, membuat bangunan yang kurang dengan adanya peresapan air yang memadai. Dengan demikian banjir bisa terjadi , tepat tanggal 18 januari 2013 banjir besar melanda wilayah saya yang terletak di perumahan Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jatiasih, Bekasi. Maka dari itu saya di tunjuk untuk menjadi relawan banjir.
2.1 Tujuan
            Dengan adanya penulisan ini di harapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat agar tergugah hati nuraninya untuk melakukan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat terutama jadi relawan banjir guna menolong korban banjir yang membutuhkan.
           


                                                                     



















                                                                              3



2. PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Bhakti Sosial
            Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita.Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong,rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.
2.2 Usaha Kesejahteraan Sosial ( UKS )

Tugas utama yang mendasari lahirnya Karang Taruna adalah kepedulian mereka pada lingkungan masyarakat yang terkait dengan upaya memajukan usaha-usaha kesejahteraan. Karang Taruna menyadari secara partisipatif mereka dapat melakukan upaya penanganan permasalahan sosial yang ada sesuai dengan potensi dan kapasitas yang dimiliki. Kepedulian Karang Taruna terhadap masalah sosial urnumnya terbangun dari nilai-nilai yang ada di lingkungan masyarakatnya. Bentuk kegiatan maupun jenis permasalahan yang ditangani pun beragam, sesuai keadaan dan permasalahan yang menonjol di lingkungan masyarakat sekitar.
Jenis-jenis permasalahan sosial yang ditangani oleh Karang Taruna antara lain sebagai berikut :
1. Lansia
2. Anak & Keluarga
3. Fakir Miskin
4. Tuna Sosial
5. Penyandang Cacat
6. Kenakalan Remaja
7. HIV/AIDS dan NAPZA
8. Korban Bencana 



4
2.3 Masalah yang di hadapi korban banjir
            Permasalahan yang di hadapi korban adalah jika banjir tiba warga yang tak mempunyai lantai 2 maka dia kebingungan akan kemana dia mengungsi, setelah pasca banjir butuh relawan untuk bersihin sisa puing – puing banjir.
2.4 Macam – macam bantuan
  1. Butuh air bersih
  2. Butuh logistic makanan
  3. Butuh selimut , pakaian ,sabun dan perlengkapan untuk MCK.
  4. Butuh obat - obatan
2.5 Cara penyaluran bantuan
  1. Bantuan datang dari pemerintah maupun dari yayasan
  2. Lalu bantuan tersebut di kirim kedaerah banjir
  3. Setelah tiba di lokasi banjir di salurkan oleh para relawan
  4. Biasanya penyalurannya di bagikan melalui RT masing – masing daerah
  5. Setelah bantuan tiba di RT warga di kasih kupon untuk antri mengambil bantuan tersebut
2.6 Hikmah dari Banjir
            Mungkin kita tak menyadari ada beberapa teguran Allah SWT terhadap kita , beberapa petunjuk yang kita dapat dari banjir itu harus kita Cermati, jangan menganggap sebagai musibah. Beberapa hal yang patut Kita syukuri dari banjir itu adalah salah satunya kita dapat menyadari sejauh mana kita dapat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah kita. Kita tidak perduli betapa penting nya lingkaran perjalanan air yang ter arah yang akan membuat Kesejah teraan umat manusia. Mungkin di sebagian Kita Kurang mensyukuri nikmat Allah dari manfa’at air, sehingga dengan mudahnya kita mencemari air yang begitu suci dengan berbagai pencemaran air. Masih banyak lagi hal-hal yang kita tidak tahu di balik banjir, hikmah yang dapat kita petik dari teguran banjir. Kita harus ingat bahwa setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya, Carilah hikmahnya di setiap kejadian.




5
3. Kisah Menjadi Relawan Banjir

            Tepatnya 18 januari 2013 di rumah saya yang beralamatkan di Pondok Gede Permai, Jatirasa,Jatiasih,Bekasi terjadi banjir 2,5 menggenangi pemukiman warga sekitar. Awal mulanya pada jam 05.00 di umumin di masjid untuk waspada akan adanya banjir kiriman dari sungai cikeas dan cileungsi yang bersal dari bogor. Kami sekeluarga telah mempersiapkan semuanya, dengan menaikkan barang – barang dan perabotan rumah tangga ke lantai 2 sekitar setengah jam semua barang – barang selesai di naikkan. Karena dari malam itu juga sudah ada sebagian barang yang di naikkan kelantai 2.
            Terlebih dahulu tepat jam 5.30 saya dan adek saya mengungsikan sepeda motor kearah kampong di atas komplek yang jangkauannya tidak terkena banjir. Setelah mengungsikan motor kami sekeluarga Cuma bisa waspada dan siap menerima kiriman air tersebut. Karena sudah 5 tahun tak terjadi banjir, kata warga yang sering mengalami banjir tersebut kalau sudah 5 tahun pasti akan terjadi banjir dikarenakan tingkat kekuatan tanggul telah melemah. Jadi kita semua dan warga masyarakat telah siap menyambut datangnya banjir.
            Jam menunjukkan pukul 5.45 menit ada informasi dari warga yang dekat dengan sungai kalau tanggul telah terkikis air. Dari kejadian itu selang 15 menit air pun sampai di depan rumah saya dikit demi sedikit air pun semakin tinggi dan akhirnya ayah, ibu, serta adik saya memutuskan untuk naik ke lantai 2 . Setelah itu selang beberapa jam kita di lantai 2 ada suara dari luar untuk memanggil para pemuda untuk keluar guna mengevaluasi para korban banjir. Dengan adanya panggilan tersebut saya tergugah untuk membantu para korban yang masih terjebak banjir di lantai 1.
            Saya para pemuda dan para relawan TNI membantu korban banjir yang masih terjebak di lantai 1 menggunakan perahu karet. Banjir telah terjadi selama 10 jam dan air mulai surut tepat pukul 16.00 banyak bantuan makanan yang datang dan saya ikut serta untuk membagikan makanan tersebut kewarga.
            Setelah makanan tersalurkan semua kami para pemuda dan para relawan TNI makan bersama di tenda-tenda darurat yang di sediakan TNI. Keesokan harinya kami para relawan turut serta membagikan pakaian dan membersihkan sisa puing – puing banjir.




6


4. Foto Keadaan Banjir

Ini merupakan gambar banjir yang terjadi di rumah saya perumahan pondok gede permai :

4.1 Tampilan Foto banjir dapat dilihat pada gambar 4.1:


                                                  4.1 Foto Mengevakuasi Korban

4.2 Tampilan foto tanggul yang jebol pasca banjir dapat dilihat pada gambar 4.2:




                                                  4.2 Foto Tanggul Jebol




7
5. Penutup


5.1 KESIMPULAN
                Makalah ini berisi tentang kegiatan sosial membantu korban banjir. Kegiatan ini berhubungan langsung dengan yang saya alami sendiri karena saya menjadi korban banjir. Selain menjadi korban banjir saya juga ikut serta dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan membantu masyarakat menyalurkan bantuan serta mengevakuasi korban banjir secara langsung. Dengan demikian saya tergugah untuk menjadi seorang relawan banjir karena para korban banjir sangat membutuhkan uluran tangan dari orang lain. Semoga dengan adanya makalah ini bisa membuat masyarakat sadar akan adanya kegiatan sosial dan sikap peduli kasih terhadap orang lain.
5.2 SARAN
                Dalam pembuatan makalah ini jauh dari sempurna, penulis menyadari banyak terdapat kekurangan, seperti isi yang kurang lengkap ,tampilan makalah yang kurang menarik,serta kata-kata yang kurang jelas. Diharapkan dalam pengembangan makalah ini lebih baik lagi.













8


5. 3 KUISIONER

KUISIONER MAKALAH KEGIATAN SOSIAL MEMBANTU KORBAN BANJIR
MATA KULIAH ILMU SOSIAL DASAR
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA

1.
Nama
: 
2.
Usia
: 
3.
Status (*coret yang tidak perlu)
:
Mahasiswa
Bukan Mahasiswa

Pertanyaan :
Uraian
(SS)
Sangat Setuju
(S)
Setuju
(TS)
Tidak
Setuju
(STS)
Sangat
Tidak Setuju
 Makalah sudah baik





Penjelasan makalah menarik




Makalah membantu masyarakat




Makalah memberikan motivasi pada masyarakat





Makalah memberikan pembelajaran agar masyarakat bisa saling tolong menolong





Makalah ini mendorong masyarakat agar tetap waspada









Makalah ini memberikan pelajaran agar masyarakat rela membantu sesama













Menurut anda perlukah adanya relawan








Kegiatan sosial pentingkah menurut anda




Peduli terhadap sesama bagaimana menurut anda












































Tidak ada komentar:

Posting Komentar