Jumat, 31 Desember 2010

TUGAS MANAJEMEN UMUM 10

TUGAS MANAJEMEN 10
NAMA : HERU PEBRIYANTO
KELAS : 1DB19
NPM : 33110287
31-12-2010

Soal :
1.      Apa yang dimaksud dengan motivasi ?
1.      Gambarkan framework (kerangka kerja ) dari motivasi ?
2.      Gambarkan teori hirarki kebutuhan dari Maslow ?
3.      Jelaskan teori dua faktor dalam motivasi dari Herzberg ?
4.      Jelaskan teori ekpektasi sebagai model dari motivasi ?

1.      1. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.
2.      
2.

3. 


1.      4. Teori motivasi dua faktor dikemukakan oleh oleh seorang psikolog bernama Herzberg. Dinamakan teori dua faktor karena memang Herzberg mengemukakan perlunya memperhatikan dua faktor sebagai bentuk motivasi yang akan diberikan kepada seseorang individu. Faktor-faktor tersebut yaitu:

- faktor yang menyebabkan ketidakpuasan (hygiene/maintenance) yaitu mempengaruhi konteks  tempat, contoh : Gaji, Kondisi kerja, dan Kebijaksanaan Perusahaan.

-  faktor-faktor penyebab kepuasan (motivator) yaitu berkaitan dengan isi pekerjaan dan imbalan prestasi kerja, contoh : Prestasi, Tanggung Jawab, Pengakuan, dan Kemajuan.

Menurut Marwansyah dan Mukaram (2000:157), Faktor hygiene tidak berhubungan langsung dengan kepuasan kerja, tetapi faktor hygiene berhubungan langsung dengan timbulnya ketidakpuasan kerja (dissatiesfier). Oleh karena itu, faktor-faktor hygiene tidak dapat digunakan sebagai alat motivasi, tetapi merupakan alat untuk menciptakan kondisi yang mencegah timbulnya ketidakpuasan.

5. Teori ekpektasi (Teori harapan) jadi Teori harapan adalah kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dalam cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu harapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti dengan hasil yang ada dan pada daya tarik dari hasil itu terhadap individu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar